Selasa, 26 Mei 2009

Tambah Teman, Tambah Luas Cakrawala


Blog saya dikunjungi seseorang yang pernah jadi teman sekelas. Saya senang karena ternyata beliau masih mau mengingat saya. Memang, diingat teman artinya ada pengakuan tentang keberadaan kita. Tambah teman artinya bertambah pula sumber informasi, bertambah pula sumbangan pendapat. Bukankah kita seringkali bingung memutuskan sesuatu dan butuh pendapat orang lain sebagai bahan pertimbangan?
Pada saat berhadapan dengan masalah, saya sering kali berdoa agar dipertemukan dengan seseorang yang dapat memberikan saran untuk menyelesaikan masalah dan bukan malah menambah masalah. Kadang saya menemukannya, tapi sering pula malah menemukan yang sebaliknya. Atau bahkan seringkali ada orang yang sepertinya akan membantu tapi sebenarnya dia memanfaatkan masalah kita untuk menyelesaikan masalahnya. Menghadapi teman yang demikian tentu makin membuat masalah tambah melebar.
Namun demikian, pasti ada hikmah yang bisa dipetik untuk teman yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Kita belajar bersabar, belajar bahwa bukan cuma kita yang bermasalah dan belajar memandang masalah kita dari titik pandang yang tepat. Dengan demikian kita akan tahu seberapa besar masalah kita yang sebenarnya. Jangan-jangan selama ini kita memandang masalah kita terlalu dekat sehingga nampak sangat besar.
Menurut pengalaman saya, teman yang baik bisa memperlihatkan masalah kita dari sudut pandang yang lain, yang seringkali tidak kita sadari. Mereka biasanya menjelaskan semua resiko yang mungkin akan kita hadapi, pada saat kita akan mengambil keputusan. Teman yang baik, bisa menerima kita apa adanya, lengkap dengan segala kekurangan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar