Senin, 01 Juni 2009

Fenotipe atau Penampilan

Dalam Genetika, fenotipe berarti penampilan suatu organisme sebagai akibat dari ekspresi gen dan pengaruh lingkungan. Seorang anak yang mempunyai IQ tinggi belum tentu bisa membaca, jika sejak kecil tidak pernah diperkenalkan pada huruf dan tulisan. Demikian juga, seorang anak yang mempunyai kulit yang mulus, jika tidak dirawat maka kulitnya akan rusak.
Dalam pandangan manusia, ada satu faktor lagi yang menentukan fenotipe, yaitu rasa. Misalnya, tidak semua orang mempunyai pendapat yang sama tentang "cantik". Cantik menurut seorang pria, belum tentu cantik menurut kelompok wanita. Bahkan di antara sesama pria pun, kadar cantik menjadi relatif. Orang yan menyukai Dewi Persik akan mengatakan bahwa dia cantik dan seksi tetapi orang yang tidak menyukainya akan mengatakan dia seperti perempuan, maaf, murah.
Seorang suami yang mencintai isterinya akan mengatakan isterinya cantik, walaupun pake daster lusuh dan bau terasi karena baru selesai masak. Tapi ketika dia sudah tidak mencintai istrinya lagi, maka seindah apapun baju tidur yang dipakainya dan sewangi apapun parfum yang digunakannya tetap saja terasa membosankan.
Jadi, penampilan seseorang tidak hanya disebabkan karena struktur wajah dan tubuh yang proporsional, kulit yang putih, bersih, dan sehat. Tapi juga disebabkan oleh rasa dan selera orang yang melihatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar